Sabtu, Oktober 13

Solusi Diare

Diare adalah penyakit pada sistem pencernaan kita atau bisa disebut kelainan pada sistem pencernaan.Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kelainan pada sistem pencernaan kita.Mulai dari pola hidup kita yang kurang sehat,seperti contoh pola makan kita yang sembarang,hal ini merupakan faktor internal diri sendiri.Selain itu diare dapat disebabkan oleh faktor eksternal sebagai contoh keracunan bahan kimia dalam makanan yang kita konsumsi secara tidak sengaja, masuk angin, dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) dan lain sebagainya.
Diare itu sendiri akan menyebabkan seseorang buang air besar berkali-kali dalam satu hari yang melebihi batas normal dan tinja atau feses yang keluar berupa cairan encer atau kental disertai angin / kentut dari dalam perut. Berikut di bawah ini adalah 4 (empat) teknik atau cara untuk menanggulangi diare atau mencret-mencret.

1. Konsumsi air putih.
Air putih sangatlah penting bagi tubuh kita.Apalagi saat kita terserang diare,air putih sangatlah penting untuk mengantikan cairan tubuh yang ikut terbuang setiap kali kita buang air besar(BAB).
Minumlah oralit yang merupakan larutan gula garam untuk membantu pembentukan energi dan menahan diare / berak setelah habis BAB. Hindari minum kopi, teh dan lain sebagainya yang mampu merangsang asam lambung.

2. Pilih makan yang tepat.
Pada saat diare dianjurkan mengkonsumsi makanan yang tepat.Diharapkan menjauhi makanan yang banyak mengandung serat seperti agar-agar dan sayuran,karena hanya akan memperanjang masa diare itu sendiri.Serta makanan yang pedas dan asam karena akan memicu asam lambung yang semakin banyak. Bagi penderita diare sebaiknya makan makanan rendah serat dah halus seperti bubur nasi atau nasi lemes dengan lauk telur asin.

3.Obat traditional
Untuk mengatasi diare bisa cukup dengan cara tradisional.Yaitu dengan daun jambu biji yang d campur dengan gula batu caranya yaitu:
  • Ambil daun yang muda dari pohon jambu biji kemudian rebus dalam air.
  • Tambahkan gula batu
  • Masak sampai bercampur
  • Memudian ambil air rebusan tadi dan minum
4. Istirahat yang cukup
Tidak dapat dipungkiri bahwa orang yang buang-buang air akan terasa lemah, lemas, lesu, kurang bergairah, dan sebagainya.Oleh karena itu beristirahatlah yang cukup agar energy kita tidak terkuras habis.

5. Konsultasi dengan dokter.
Apabila diare yang anda alami dalam kurun waktu yang lama tidak sembuh-sembuh,sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan obat dengan dosis yang sesuai dengan tubuh anda.

0 komentar:

Posting Komentar