Rabu, Oktober 17

Sebuh Kota di atas Awan

Machu Picchu ("Gunung Tua" dalam bahasa Quechua; sering juga disebut "Kota Inca yang hilang") adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m diatas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco. Machu Picchu dinyatakan sebagai bangunan Bersejarah Sanctuary Peru pada tahun 1981 dan sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983. Karena tidak dirampok oleh bangsa Spanyol ketika mereka menaklukkan suku Inca, sebuah situs budaya dan dianggap sebagai tempat suci.

Machu Picchu dibangun sekitar 1460, pada puncak Kekaisaran Inca. Itu ditinggalkan kurang dari 100 tahun kemudian. Kemungkinan bahwa sebagian besar penduduknya dihapuskan oleh cacar sebelum conquistadores Spanyol tiba. Hiram Bingham, penemu situs, bersama dengan beberapa orang lain, awalnya menyimpulkan bahwa benteng ini adalah tempat tradisional rakyat Inca atau pusat spiritual dari "Perawan Suns".
 
Machu Picchu dibangun dengan gaya klasik Inca, dengan dinding-batu kering dipoles. bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruang Tiga Kaca. Ini adalah kota langit yang dikenal oleh para arkeolog sebagai  Machu Picchu.
Sebagian besar konstruksi di Machu Picchu Inca menggunakan gaya arsitektur klasik dinding-batu kering dipoles bentuk biasa. Suku Inca adalah empu dari teknik ini, yang disebut ashlar, di mana blok batu dipotong untuk cocok sama erat tanpa mortir. Suku Inca adalah  tukang batu terbaik dunia. Inca dibangun dengan menggunakan mortar, tetapi dengan standar Inca yang cepat, konstruksi buruk.

Pintu dan jendela yang miring bebrbentuk trapesium dan batin dari bawah ke atas, sudut biasanya bulat, di dalam sudut sering miring sedikit ke dalam kamar, dan "L" berbentuk blok sering digunakan untuk mengikat sudut luar bersama-sama. Dinding tidak dibangkitkan langsung dari atas ke bawah tetapi disajikan sedikit dari baris ke baris. Akibatnya, Machu Picchu adalah kota yang telah berdiri baik dan tahan tarhadap gempa bumi selama bertahun-tahun. Suku Inca tidak pernah menggunakan roda dengan cara praktis. Bagaimana mereka pindah dan ditempatkan blok besar batu adalah misteri, meskipun keyakinan umum adalah bahwa mereka menggunakan ratusan orang untuk mendorong batu. Beberapa dari batu masih memiliki tombol-tombol pada mereka yang bisa digunakan untuk tuas tersebut ke posisi. Setelah mereka ditempatkan,maka  suku Inca akan mengaampelas tombol-tombol itu. 
 
Ruang ini terdiri dari 140 konstruksi termasuk candi, cagar alam, taman dan tempat tinggal (rumah dengan atap jerami). Ada lebih dari seratus penerbangan dari tangga batu - sering sekali diukir dari satu blok granit - dan sejumlah besar air mancur, interkoneksi oleh saluran air dan saluran air berlubang di batu, yang dirancang untuk sistem irigasi yang asli. Bukti telah ditemukan untuk menunjukkan bahwa sistem irigasi digunakan untuk membawa air dari mata air suci ke setiap rumah secara bergantian. Menurut arkeolog, sektor perkotaan Machu Picchu dibagi menjadi tiga distrik besar: Kabupaten Kudus, Kabupaten Populer, ke selatan, dan Kabupaten dari Imam dan Nobility tersebut.

Zona pertama adalah harta arkeologi utama: Intihuatana, Kuil Matahari dan Ruang Tiga Kaca. Ini didedikasikan untuk Inti, dewa matahari dan dewa mereka yang terbesar. Distrik Populer, atau Residential Kabupaten, adalah tempat di mana orang-orang kelas bawah tinggal. Ini termasuk penyimpanan bangunan dan rumah sederhana untuk hidup. Di daerah royalti, sektor yang ada untuk kaum bangsawan: sekelompok rumah yang terletak di baris atas lereng, kediaman Amautas (orang bijaksana) ditandai oleh dinding kemerahan, dan  

Zona Nustas (putri) telah kamar berbentuk trapesium. Makam Monumental adalah patung diukir dengan interior berkubah dan gambar diukir. Itu digunakan untuk ritual atau pengorbanan. Machu Picchu juga merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia baru, juga mendapatkan perhatian akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh pariwisata (jumlah pengunjung mencapai 400,000 pada tahun 2003).

0 komentar:

Posting Komentar